Tempat Obyek Wisata Bandung

Wisata ke Kebun Teh Pangalengan Bandung

Ada kisah tentang sebuah lagu lama, judulnya tentang Bandung Selatan. Lagu itu begitu syahdu, apalagi kalau pas didengerin pada malam hari.

Kalau direnungi, lagu itu seakan menceritakan tentang panorama Bandung Selatan yang begitu indah. Dalam catatan seorang colonial Belanda, mengisahkan, “ Parahyangan dicuptakan Tuhan dalam keadaan tersenyum”.  Penjajah ini tidak salah, mengingat alam Bandung begitu indahnya.

Salah satu keindahan yang luar biasa, bisa anda dapatkan jika berwisata ke Bandung Selatan. Salah satu lokasi yang luar biasa adalah Pangalengan, sebuah kota kecil nan dingin diujung selatan Bandung.
Untuk pergi  ke Pangalengan bisa kita tempuh dari kota Bandung sejauh 40 km arah selatan. Jika anda menggunakan kendaraan umum, bisa naik kendaraan dari terminal Leuwi Panjang, sebuah terminal bis antar kota yang ada di tengah kota Bandung.

Kendaraan yang membawa ke Pangalengan berupa bus sedang dan besar, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dari kota Bandung.

Jalan menuju Pangalengan melewati daerah Dayeuhkolot, Bale Endah, Banjaran dan kemudian masuk ke Pangalengan. Melalui jalur yang berkelok-kelok dengan hamparan gunung nan hijau menyejukkan mata.
Jika anda membawa kamera dan membawa motor atau mobil sendiri, anda bisa jalan santai, selagi ada obyek menarik anda bisa hunting foto.

Kebun Teh Kertamanah
Salah satu tujuan wisata yang menarik, sesampai di pasar Pangalengan anda bisa terus melanjutkan kea rah perkebunan The Kertamanah. Sebelum masuk perkebunan, ada pertigaan jalan, anda mengambil arah kiri atau masuk pintu gerbang perkebunan Kertamanah.

Dari pertigaan, bisa masuk sejauh 5 km dan anda akan menemui indahnya panorama yang luar biasa. Jalannya mulus dan sangat bagus untuk tea walk bersama keluarga.

Dari perkebunan the Kertamanah, akan tampak kepulan asap yang berasal dari pembangkit listrik geo thermal. Asapnya membumbung tinggi ke udara. Asap ini seringkali terlihat dari Bandung saat pagi hari menjulang ke langit.

Sekitar geo termal ada taman dan tanah lapang yang dikelilingi perkebunan teh, sangat nyaman digunakan untuk rehat.

Jika anda berkeinginan untuk masuk lebih dalam ke perkebunan Teh anda bisa masuk menggunakan mobil atau motor. Pemandangannya luar biasa indah, kalau pas pagi hari anda dapat hunting foto dengan sangat baik.

Perkebunan Teh Malabar
Perkebunan Teh Malabar adalah salah satu perkebunan yang ada di Pangalengan. Perkebunannya sangat luas dan dingin. Kita bisa ajak keluarga jalan-jalan sepanjang perkebunan.

Untuk mencapai perkebunan Malabar,  dari arah pasar Pangalengan ambil jalan terus sekitar 10 km. Setelah itu kita akan masuk pintu gerbang perkebunan Malabar. Untuk masuk, biasanya bayar rp 2.000 rupiah/mobil.
Anda bisa keliling dengan mobil menjelajahi kebun teh yang indah. Selain itu juga bisa wisata ke pabrik teh yang sudah sangat tua. Konon di tempat ini ilmuan Belanda, Junghun dan Boscha tinggal. Kedua ilmuan Belanda tersebut dikuburkan di Malabar, baik Junghun maupun Boscha. Anda bisa melihat makamnya.
Sebagaimana diketahui, kualitas teh yang dihasilkan perkebunan Malabar dan Kertamanah merupakan kualitas nomor wahid, sehingga hasilnya diekspor keluar negeri. Wajar jika Belanda saat itu begitu getol melakukan penanaman teh secara besar-besaran di area Pangalengan.

Oiya, kalau sore hari seringkali kabut dingin turun, jika ingin menikmati maksimal pemandangan nan indah di Pangalengan alangkah baiknya dilakukan pada pagi dan siang hari.

Situ Cileunca
Tempat rekreasi lainnya yang menarik di Pangalengan adalah Situ Cileunca. Situ artinya danau. Situ Cileunca dapat ditempuh dari mulai masuk Pangalengan ambil jalur ke kanan. Kira-kira sekitar 5 km dari pintu masuk kota Pangalengan.

Situ Cileunca merupakan situ buatan, dimana sungai yang mengalir dibendung dan menjadi danau. Konon bendungan ini dilakukan sebagai tanggul dari meluapnya sungai Cileunca.

Saat di situ, kita bisa naik perahu keliling danau dengan menyewa ke tukang perahu. Dihiasi dananau yang biru dan tepisan kabut dingin Pangalengan sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Dari Situ Cileunca, Nampak pemandangan yang indah, Gunung Malabar dan Gunung Wayang. Dua gunung ini sangat popular di kalangan Penduduk Pangalengan.

Setelah selesai mendayung, kita bisa lanjutkan makan ikan bakar yang banyak disediakan di warung-warung tepi danau. Atau bagi yang suka berpetualang arung jeram bisa ikut arung jeram sungai Cileunca. Diujung pembuangan air danau, terdapat aliran deras menuju arah Bandung. Tempat tersebut sering digunakan sebagai ajang petualang untuk menguji nyali dengan bermain arung jeram.

Oleh-Oleh Pangalengan
Kota Pangalengan adalah kota penghasil susu dan sayur mayor. Di kota ini, anda bisa mendapatkan banyak oleh-oleh khas pangalengan mulai dari caramel susu, roti susu, kerupuk susu sampai dodol susu. Selain itu kita bisa cari sayur-mayur yang masih segar dan stroberi.

Saat kita pulang, kita bisa cari alpukat khas Pangalengan, bentuknya kecil dan berwarna hijau cerah. Cocok buat  oleh-oleh.

Disamping oleh-oleh diatas, ada beberapa aneka keripik khas Pangalengan yang banyak dijual ditepi jalan. Dan juga bisa bawa susu segar dari perahan sapi. Bikin sehat badan.

Penginapan di Pangalengan
Ada beberapa penginapan di Pangalengan, kebetulan saya nginap di Wisma Aceu, sebuah wisma yang ada di Kertamanah. Hawanya dingin dan ada kolam renangnya. Yang bikin kerasan, harganya ndak menyobek kantung.
(Ini ane sama istri gan, lagi rehat di geo thermal Kertamanah)

Hayuu datang ke Pangalengan, rasakan sensasinya, pasti setelah rehat disana, badan terasa fresh dan pikiran terang…

Salam,